Strategi Lolos Beasiswa “Tips Memperoleh Beasiswa S2 Dan S3 Dari Dalam Negeri Dan Luar Negeri | Program Studi Akuntansi UPN Veteran Yogyakarta
Our Blog post image goes here

Pembukaan UUD 1945 pada alinea keempat menyebutkan bahwa salah satu tujuan Negara Republik Indonesia ialah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini didukung oleh ketentuan pada bab XIII pasal 31 ayat 4 UUD 1945 bahwasanya alokasi anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dialokasikan oleh negara sebanyak dua puluh persen dari APBN. Regulasi tersebut menjadi salah satu cara dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia Indonesia yang berdaya saing baik secara lokal maupun internasional.

 

Selain berasal dari Pemerintah Indonesia, beasiswa pendidikan juga bisa didapat dari pemerintah negara asing, perusahaan, organisasi atau yayasan, serta perguruan tinggi tempat mahasiswa yang bersangkutan menimba ilmu. Selain itu banyak pula beasiswa dari masing-masing perguruan tinggi tempat mahasiswa menimba ilmu. Dalam rangka memfasilitasi putra putri bangsa untuk mendapatkan “suntikan motivasi” serta informasi terkait beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri, Prodi Akuntansi UPNVY menghadirkan Webinar dengan Tema “Strategi Lolos Beasiswa Dalam dan Luar Negeri” pada 17 Juli 2020. Tujuan kegiatan ini selain memberikan informasi terkait persiapan pengajuan beasiswa, kehidupan kuliah di dalam serta di luar negeri, juga sebagai salah satu cara untuk menyebarkan semangat kepada putra putri bangsa untuk bermimpi setinggi-tingginya. Hal ini juga sebagai salah satu bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 pasal 1 ayat 9 dalam rangka tridharma perguruan tinggi yakni sebagai penyelanggara pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini menghadirkan empat narasumber penerima beasiswa baik dalam dan luar negeri.

 

Narasumber pertama yakni Meilani Intan ertiwi, S.E. sebagai Penerima Beasiswa LPDP. Narasumber kedua yakni Riza Prapasca Agusdin, S.Kom, M.IM sebagai penerima Beasiswa kampus NTUST Taiwan. Narasumber ketiga yakni Hestutomo Restu Kuncoro, S.I.P, M.A sebagai penerima Beasiswa LPDP Luar Negeri dan merupakan alumni Master of Arts in Political Science pada The University of Manchester (2016-2017). Narasumber keempat yakni Dr. Avido Yuliestyan, S.T., M.Sc. Beliau merupakan alumni dari Doctoral program: Industrial and Environmental Science and Engineering – Chemical Engineering. Universidad de Huelva (Spain) (penerima beasiswa European Commission under FP7 Marie Curie ITN) dan European double degree Master ·(penerima beasiswa European Commission). Diharapkan kegiatan ini akan memberikan pencerahan kepada mahasiswa dalam rangka perencanaan pendidikan yang akan ditempuh kedepannya.